Berita Investasi di Dunia Saat Ini – Vergefora

Vergefora.com Situs Kumpulan Berita Investasi di Dunia Saat Ini

Bitcoin: Mengapa Nilainya Meroket Sekali Lagi

Bitcoin: Mengapa Nilainya Meroket Sekali Lagi – Perjalanan Bitcoin ke dalam keuangan arus utama telah mencapai tonggak penting lainnya – dan rekor harga lainnya. Cryptocurrency diperdagangkan pada US $ 66.975 (£ 48.456) setelah peluncuran dana yang diperdagangkan di bursa (ETF) di AS yang telah secara dramatis meningkatkan eksposur bitcoin kepada investor.

Bitcoin: Mengapa Nilainya Meroket Sekali Lagi

Dana tersebut, yang dibuka pada 19 Oktober, memungkinkan investor untuk berspekulasi tentang nilai masa depan bitcoin tanpa benar-benar memilikinya. Ini adalah pertama kalinya investor dapat memperdagangkan aset yang terkait dengan bitcoin di New York Stock Exchange, dan didahului oleh banyak perhatian media dan hype di pasar keuangan.

Ini mulai diperdagangkan pada US$40 (£29) per saham dan mengakhiri hari dengan naik 5% dengan aset sekitar US$570 juta (£412 juta), menjadikannya ETF baru yang paling banyak diperdagangkan kedua dalam catatan (yang pertama didirikan oleh BlackRock, perusahaan manajemen aset terbesar di dunia).

Dan dampaknya terhadap harga bitcoin sangat luar biasa. Ini melonjak melewati tertinggi sepanjang masa $64.895 ke rekor baru $66.975 dan pada saat penulisan, melayang sekitar $65.000. Ini adalah perubahan besar dari pertengahan Juli 2021 ketika bitcoin mencapai level terendah 2021 di bawah $30.000, yang mencerminkan volatilitasnya yang besar.

Banyak lembaga keuangan sebelumnya mencoba mendapatkan persetujuan untuk ETF bitcoin tanpa hasil. Hingga saat ini, Securities and Exchange Commission (SEC) (lembaga pemerintah AS yang melindungi investor) enggan menyetujuinya. Ini sebagian karena volatilitas bitcoin yang intens, serta kekhawatiran yang lebih luas tentang industri cryptocurrency yang tidak diatur.

Tetapi Gary Gensler, ketua SEC, mengatakan komisi akan lebih nyaman dengan ETF “berbasis masa depan” karena mereka berdagang di pasar yang diatur. Ini adalah perubahan arah yang signifikan bagi SEC yang telah terjadi sejak Gensler memimpin pada April 2021.

Perdagangan ETF seperti saham biasa, diatur, dan siapa pun yang memiliki akun pialang dapat memperdagangkannya. Dana baru ini, bernama ProShares Bitcoin Strategy ETF (atau disingkat BITO), adalah yang pertama mengekspos investor arus utama ke pasang surut nilai bitcoin, tanpa mereka harus melalui proses pembelian koin yang rumit sendiri.

Meskipun investor AS sudah dapat membeli bitcoin berjangka langsung dari Chicago Mercantile Exchange yang teregulasi dan bursa yang tidak teregulasi seperti BitMEX (serta bitcoin langsung dari bursa yang tidak teregulasi), peluncuran ETF membuka pasar bagi lebih banyak investor, termasuk pensiunan. dana – dan menambah penerimaan bitcoin yang semakin meningkat di pasar keuangan.

Beberapa masih skeptis terhadap bitcoin karena hubungannya dengan aktivitas kriminal, meskipun sebuah laporan baru -baru ini menunjukkan bahwa ini tampaknya berkurang. Dan Jamie Dimon, CEO bank investasi JP Morgan, mengklaim bitcoin “tidak berharga” dan regulator akan “mengaturnya”. (Namun demikian, JP Morgan memberi klien manajemen kekayaannya akses ke dana cryptocurrency pada Juli 2021.)

Blockbuster perbankan

Eric Balchunas, seorang analis senior di Bloomberg, tidak terkejut dengan apresiasi harga dan menggambarkan peluncuran ETF sebagai “debut blockbuster, sukses, home run [yang] membawa banyak legitimasi dan bola mata ke ruang crypto”.

Tapi apa dampak BITO terhadap ruang cryptocurrency? Sebagai produk baru, ini telah memaparkan lebih banyak investor pada naik turunnya nilai bitcoin di pasar yang diatur. Banyak dari mereka yang sebelumnya merasa tidak nyaman membeli cryptocurrency dari bursa yang tidak diatur dan harus menyimpan aset itu sendiri.

Bitcoin: Mengapa Nilainya Meroket Sekali Lagi

Dana investasi lain dengan minat pada cryptocurrency tidak diragukan lagi akan didorong oleh kesuksesan BITO, dan tertarik untuk membuat daftar ETF mereka sendiri yang terkena bitcoin dan para pesaingnya. Beberapa penyedia ETF lainnya kemungkinan akan meluncurkan ETF bitcoin mereka pada hari-hari setelah debut ProShares, termasuk Invesco, VanEck, Valkyrie, dan Galaxy Digital.

Ini adalah perkembangan yang pasti akan membuat investasi dalam cryptocurrency lebih mudah dan lebih umum dan merupakan batu loncatan penting untuk adopsi mereka ke dalam keuangan arus utama.

Lynn Watts

Back to top