Berita Investasi di Dunia Saat Ini – Vergefora

Vergefora.com Situs Kumpulan Berita Investasi di Dunia Saat Ini

Bursa Efek Tertua di Dunia

Bursa Efek Tertua di Dunia – Sejarah bursa efek memang suram karena bursa komoditas sudah ada sejak lama. Namun, umumnya bursa efek modern pertama muncul sekitar abad ke-17 dan ke-18. Beberapa bursa efek tertua yang ada berasal dari saat ini dan yang lainnya di daftar ini berasal dari abad ke-19. Bursa efek masih menjadi bagian integral dari perekonomian dunia dan bursa efek di daftar ini masih menguat setelah beberapa abad.

Amsterdam Stock Exchange (Euronext Amsterdam)

  • Tahun didirikan: 1602
  • Pemilik Saat Ini: Euronext
  • Jumlah Cantuman: 140

Didirikan pada 1602 oleh Perusahaan Hindia Timur Belanda, Amsterdam Stock Exchange (saat ini disebut Euronext Amsterdam) adalah bursa efek tertua dan pertama di dunia. Itu adalah bursa pertama dari jenisnya untuk memperdagangkan sekuritas, bukan komoditas. Jenderal Serikat Belanda memberikan piagam 21 tahun kepada Perusahaan Hindia Timur Belanda atas semua perdagangan Belanda di Asia dan kekuasaan kuasi-pemerintah. Selama berabad-abad, Amsterdam Stock Exchange (Euronext Amsterdam) telah mengalami banyak perubahan. Pada tahun 2000, Amsterdam Stock Exchange bergabung dengan bursa efek Brussels dan Paris untuk membentuk Euronext.

Pada 1774, Amsterdam Stock Exchange (Euronext Amsterdam) menjadi yang pertama di dunia, ketika mendirikan dana investasi pertama di dunia untuk mencegah kehancuran pasar saham.

Paris Stock Exchange (Euronext Paris)

  • Tahun didirikan: 1724
  • Pemilik Saat Ini: Euronext
  • Jumlah Cantuman: 1.078

Paris Stock Exchange (Euronext Paris) didirikan pada tahun 1724 melalui perintah dari Dewan Kerajaan Negara. Seperti banyak bursa efek di daftar ini, Paris Stock Exchange (Euronext Paris) memiliki pendahulu informal, Lyons Bourse, yang berdiri sejak tahun 1540. Selama Revolusi Prancis, Paris Stock Exchange (Euronext Paris) ditutup dan dikembalikan pada akhir 1795 dengan beberapa perubahan yang membentuk legitimasi bursa efek di antara masyarakat Prancis. Menyusul beberapa perubahan di zaman modern, Paris Stock Exchange (Euronext Paris) bergabung dengan bursa efek Brussels dan Amsterdam untuk membentuk pan-European exchange pertama, Euronext.

Pada tahun 1826, Paris Stock Exchange (Euronext Paris) dipindahkan ke Palais Brongniart, di mana ia bertahan selama 150 tahun berikutnya, sebelum bursa dipindahkan ke lokasinya saat ini.

Philadelphia Stock Exchange

  • Tahun didirikan: 1790
  • Pemilik Saat Ini: Nasdaq Inc.
  • Jumlah Daftar: Tidak ditentukan

Philadelphia Stock Exchange adalah yang tertua di Amerika Serikat dan Amerika secara keseluruhan. Sementara Philadelphia Stock Exchange menelusuri sejarah formalnya kembali ke tahun 1790 ketika Dewan Pialang Philadelphia dibentuk, pertukaran informal sudah melakukan bisnis selama beberapa dekade. Philadelphia Stock Exchange mengumpulkan uang untuk mendanai pekerjaan umum di sekitar Philadelphia dan juga menyediakan modal finansial bagi banyak bisnis awal Amerika, termasuk The First Bank of the United States.

Untuk bisa bertahan selama ini, Philadelphia Stock Exchange selalu beradaptasi untuk memenuhi kebutuhan pasar keuangan saat ini. Selain itu, Philadelphia Stock Exchange telah bergabung dengan beberapa bursa efek Amerika lainnya seperti Baltimore Stock Exchange dan Pittsburgh Stock Exchange.

Pada tahun 2008, NASDAQ mengakuisisi Philadelphia Stock Exchange seharga $ 652 juta dan menciptakan pasar opsi terbesar ketiga di Amerika Serikat.

New York Stock Exchange

  • Tahun didirikan: 1792
  • Pemilik Saat Ini: Intercontinental Exchange
  • Jumlah Cantuman: 2.400

Meskipun bukan bursa efek tertua, Bursa Efek New York (NYSE – New York Stock Exchange) telah menjadi salah satu bursa efek terbesar dan terpenting di dunia. New York Stock Exchange menelusuri sejarahnya kembali ke tahun 1792 ketika Perjanjian Buttonwood ditulis. Perjanjian tersebut mengatur perdagangan sekuritas di New York dan menurut legenda terjadi di bawah pohon kancing. Setelah beberapa dekade, pada tahun 1817, pialang saham New York melakukan reformasi baru dan melakukan reorganisasi. Delegasi dikirim ke Philadelphia untuk mengamati praktik bursa efeknya dan organisasi yang lebih formal diadopsi oleh New York Stock Exchange.

Saat ini, New York Stock Exchange dimiliki oleh Intercontinental Exchange (ICE), sebuah perusahaan Amerika yang telah memiliki bursa untuk pasar keuangan dan komoditas, dan mengoperasikan 12 bursa dan pasar yang diatur.

Fasad gedung New York Stock Exchange masih memiliki bekas bom yang meledak pada tahun 1920, yang menewaskan 33 orang dan melukai lebih dari 400 orang.

London Stock Exchange

  • Tahun didirikan: 1801
  • Pemilik Saat Ini: London Stock Exchange Group
  • Jumlah Cantuman: 2.483
Bursa Efek Tertua di Dunia

London Stock Exchange yang modern dan formal telah dibentuk pada tahun 1801, tetapi bursa efek di London berjalan lebih jauh ke belakang. Royal Exchange dimulai pada tahun 1571 oleh Ratu Elizabeth I, tetapi sistem perdagangan ini tidak diatur. Selama beberapa abad berikutnya, lebih banyak aturan dan operasi diberlakukan sampai bursa pertama yang diatur didirikan pada 1801. Bahkan kemudian, aturan tersebut tidak ditegakkan secara ketat sampai buku peraturan pertama London Stock Exchange dirilis pada tahun 1812. Sekarang, London Stock Exchange adalah salah satu bursa terbesar yang ada di dunia.

Sebagai entitas yang kuat dan terlihat, London Stock Exchange telah menjadi lokasi beberapa insiden, termasuk pemboman pada tahun 1990, protes Pendudukan London, dan yang terbaru adalah protes Extinction Rebellion.

Back to top